Sabtu, 12 Maret 2011

Tutorial Xiuxiu (Part 1)


Berbicara mengenai software Photo Editing tentunya sudah ada ratusan bahkan mungkin ribuan software yang dapat digunakan untuk mengedit foto dengan kelebihan-kelebihan fitur yang ditawarkan. Mulai dari software yang gratis sampai yang berbayar  tergantung pilihan kita. Tapi tentunya dari sekian banyak software seperti ini ada beberapa yang mungkin sangat kita kenal seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Acedesee, Photo Impact dan beberapa yang lain yang juga cukup terkenal. 

Nah pada postingan kali ini aku tidak membahas tentang software-software yang telah aku sebutkan di atas namun kali ini yang akan aku bahas  adalah cara mengedit foto dengan Xiuxiu. Apa ??? Hiu ???..... he he he bukan ….. Xiuxiu adalah program yang dapat digunakan untuk mengedit foto atau gambar dengan cepat dan bagu tetapi semua menu dan pilihannya berbahasa Cina. Berikut tampilannya :



Keren bukan ?? keren sih …tapi bahasanya itu lho ….. kalau yang ngerti bahasa Cina sih nggak masalah tapi bagi kita orang pribumi… lihat aja udah bingung apalagi menggunakannya ……

Jangan kuatir teman aku juga mengalami hal itu pada awalnya tapi setelah dicoba-coba ternyata asyik juga mempelajari program ini,  oleh sebab itu mari kita belajar bersama-sama dari tahap awal.


Pada postingan  tentang Edit Foto dengan Xiuxiu (Part1) ini kita akan awali dulu dengan cara menginstall programnya :
      1. Seperti instal program pada umumnya, dobel klik di file Setupnya
      2. Akan muncul kotak dialog seperti ini :
                                                         Klik tombol yang dilinkari garis merah

3. Di kotak dialog di bawah ini, klik lagi tombol yang diberi lingkaran garis merah.
 
4. Ikuti semua langkah di bawah ini dengan klik setiap tombol yang diberi lingkaran garis merah.

Proses penginstalan program sedang berlangsung :
5. Proses penginstalan selesai yang ditandai dengan munculnya kotak dialog ini :
6. Nah setelah menginstal programnya ternyata mudah bukan ??  yah untuk postingan kali ini kita sudah belajar bersama-sama tentang bagaimana cara menginstal program ini. Untuk mulai dengan belajar edit foto kita akan bersama –sama pelajari di postingan berikut di part2 dan seterusnya.

  7. Bagi teman-teman yang tertarik untuk mempelajari sesuatu yang baru dan menantang melalui program ini, silahkan anda download dulu programnya pada link di bawah ini:
  
XIUXIU 2.6.4   (12 MB)

8 komentar:

  1. bahasanya bisa diganti gk gan?

    BalasHapus
  2. Bahasanya tdk bisa diganti. Mudah-mudahan di versi berikutnya ada pilihan bahasa lain, minimal bahasa Inggris. Trims ^_^

    BalasHapus
  3. Thanks gan, ini tutor yang baru gan http://adf.ly/G7il9

    BalasHapus
  4. kok gak bisa di download ya

    BalasHapus
  5. bahasa nya sulit diganti

    heraramayanti.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Terima kasih semuanya ya atas kunjungannya ^_^

    BalasHapus
  7. saya langsung make i gan, nggak usah nginstal... tapi bisa kok :D

    BalasHapus