Senin, 14 Maret 2011

Komputer sering shutdown sendiri


Pada postingan ini aku mau berbagi sedikit pengalamanku tentang masalah komputer. Kemarin aku sempat dipusingkan dengan komputerku yang sering Shut Down sendiri. Mulanya aku berpikir mungkin disebabkan karena virus berhubung antivirus yang aku pakai sudah tidak diupdate sekitar sebulan lalu, namun setelah aku periksa system  windowsnya ternyata tidak menunjukkan adanya tanda-tanda keberadaan virus. Eh..baru selesai dicek komputer langsung mati lagi.
 
Dugaan aku berikutnya mungkin ada kerusakan di Power Supply yang mengakibatkan komputer sering mati, namun setelah aku bongkar dan periksa power supply-nya ternyata baik-baik saja. Pikiran aku selanjutnya adalah kemungkinan processor terlalu panas, yah bongkar lagi processornya kemudian aku ganti lagi pastanya dengan pasta processor yang baru kemudian aku pasang dengan baik dan rapat kembali. Setelah processor di pasang tidak lupa aku periksa semua kipas/ pendingin di CPU untuk memastikan semua dalam konsidi baik sehingga tidak terjadi panas yang berlebihan di dalam CPU.
Kembali CPU dinyalakan dan ternyata …….mati lagi …… wah apa lagi ini …………………………….....

Langkah berikutnya aku coba reset BIOS dan kemudian setelah beberpa saat dihidupkan lagi, ternyata mati lagi.

Aku lepas satu – persatu secara bergantian semua yang terhubung dengan motherboard baik RAM, harddisk, DVD ROM  beserta kabel-kabelnya. Nyalakan lagi mati lagi…..nyalakan…..mati lagi…..
sampai yang terakhir terpasang di motherboard hanya kabel power dan kabel 12 volt-nya …………… nyalakan lagi dan ……….. mati lagi.

Dari beberapa percobaan yang aku lakukan di atas aku pastikan bahwa Power Supply, Processor, RAM, DVD ROM, dan Harddisk semua dalam keadaan baik. 

Langkah terkahir yang sempat terlintas di otakku adalah pasti ada yang korslet baik antara motherboard dengan casing atau di kabel-kabelnya sehingga aku putuskan untuk mencabut motherboard dari casing dan meletakkannya diluar (di atas gabus) kemudian aku nyalakan komputernya dan ………………dan ……..dan …….. taraaaaaaaaaa akhirnya komputer dapat berjalan dengan baik. 

Dari sini sudah ada titik cerah. Aku masukkan lagi motherboardnya dan pastikan bahwa tidak ada kontak langsung motherboard dengan casingnya. Setelah motherboarnya terpasang aku sengaja tidak memasang dulu kabel power, reset, dan HDD. Setelah aku nyalakan ternyata komputernya tetap normal.

Komputer aku matikan lagi kemudian pasang kabel power, reset dan HDD. Setelah komputer kembali dihidupkan ternyata masalah kembali muncul … KOMPUTER MATI LAGI …. Sampai disini sudah jelas bahwa yang bermasalah adalah salah satu dari ketiga kabel di atas. 

Yang pertama aku ganti adalah kabel powernya dengan kabel power yang lain. Setelah komputer dinyalakan ternyata berjalan normal …. Yah akhirnya perjuanganku seharian berhasil … yang rusak adalah kabel powernya

Oh iya tidak semua komputer yang sering shut down sendiri disebabkan oleh kabel power lho karena masih banyak hal yang dapat menyebabkan hal ini terjadi tapi paling tidak dengan share langkah-langkah yang aku lakukan di atas bisa saja di salah satu langkah ,masalah teman-teman  bisa teratasi.

0 comments:

Posting Komentar