Kamis, 17 Maret 2011

Cara buat file help dengan mudah

Pada postingan kali ini aku akan share tentang bagaimana caranya membuat file help yang biasanya berkstensi CHM dengan mudah dan cepat. Bagi teman-teman yang sering membuat program tentunya file help merupakan suatu komponen yang cukup penting dimana dapat digunakan oleh user untuk mengetahui lebih rinci atau lebih jelas tentang program yang anda buat melalui file ini.

Selain file help, banyak juga kita lihat tutorial atau e-book yang berformat CHM. Berikut ini adalah contoh file tutorial tentang monitor yang aku buat untuk mempermudah aku dalam belajar dan memperbaiki monitor jika dibutuhkan.

Untuk membuat file seperti contoh di atas kita akan menggunakan program yang namanya HelpNDoc. Baik kita langsung melai dengan caranya ya:

1.    Buka program HelpNDoc. Tampilannya seperti di bawah ini:

                                                                  Pilih New Project

2.    Isikan judul, tahun dibuat dan pembuat/ perusahaannya. Untuk lebih jelas perhatikan gambar di bawah ini:

3.    Berikutnya klik kanan pada judul yang ada di sebelah kiri kemudian pilih Insert child  Insert a new topic as child.




4.    Isi Caption dan Topic ID kemudian klik Insert Topic



5.    Masukkan data tutorial atau file help yang ingin anda buat di kolom sebelah kanan. Untuk memasukan data di dalam kolom ini anda bisa dengan cara mengetiknya secara langsung atau dengan cara copy datanya dari  word.

Untuk menambah judul baru anda bisa mengulangi langkah 3, 4 dan 5.

6.    Jika semua dirasa sudah cukup, silahkan compile projectnya dengan klik Tools ---> Compile Project atau langsung saja klik pada Compile yang ada di toolbar seperti pada gambar di bawah ini:



7.    Sebenarnya hasil compile dari program ini bukan hanya file yang berekstensi CHM namun bisa juga yang berekstensi: HTML, Doc dan PDF.




8.    Jika hasil compile selesai maka akan muncul kotak  dialog seperti di bawah ini :




9.    Bagi yang mau mencoba program ini, silahkan download pada link di bawah ini :

HelpNDoc  

HTML Help

2 komentar: