Sabtu, 27 November 2010

Cara mudah merubah file Power Point ke SWF (Flash Movie)

Bagi anda yang sering membuat presentasi menggunakan Microsoft Power Point tentu tahu bagaimana caranya supaya presentasi kita dapat dibuka di komputer atau Laptop manapun tanpa harus ada program Power Point di dalamnya.

Namun pada postingan kali ini aku akan berbagi sedikit tips mudah tentang bagaimana caranya mengubah file presentasi kita ke file SWF, di mana kita tahu bahwa format SWF merupakan hasil kompilasi dari file source milik Adobe Flash yaitu FLA yang digunakan secara luas dalam berbagai bentuk konten multimedia yang ada di Internet maupun dalam presentasi.

Tools yang akan kita gunakan adalah iSpring Free 3.5 yang dapat anda download secara gratis di sini. Walaupun ada juga versi baru dan berbayar, aku anjurkan download saja yang gratis karena cukup handal dan lebih simpel.
Ok langsung saja kita mulai ya …..

1. Instal Program iSpring.
2. Setelah selesai Instal pragram ini, akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini :


Supaya kotak dialog ini tidak selalu muncul pada waktu program iSpring dibuka, beri tanda centang pada kotak kecil di bawah tombol Run PowerPoint.

Untuk memulai proses mengubah file powerpoint ke SWF, klik tombol Run PowerPoint

3.    Setelah PowerPoint dibuka, dapat kita lihat bahwa sudah ada tab iSpring pada bagian paling ujung.

                                           

4.  Cari file PowerPoint yang akan dirubah ke SWF  dengan mengklik File -----> Open.
Setelah File terbuka, Klik pada tab iSpring dan klik tombol Quick Publish untuk memulai proses.




5.    Proses sedang berlangsung




6.    Setelah proses selasai, akan tampil direktori file swf yang telah jadi secara otomatis.





1.       Tidak lama kemudian file SWF yang telah jadi akan otomatis terbuka di browser internet yang terinstal di komputer / laptop anda. Kebetulan browser yang aku pakai di komputerku adalah Mozilla Firefox jadi tampilannya seperti ini:






8.    Sampai di sini sebenarnya sudah selesai, tetapi mungkin beberapa dari anda mempunyai keinginan supaya file SWF ini tidak harus dibuka menggunakan browser apalagi  jika file swf yang kita buat sudah banyak .

Nah bagi sebagian orang mungkin file SWF ini langsung dibuka di playernya seperti Media Player Classic dll, namun bagi anda yang ingin tantangan dan kepuasan tersendiri anda dapat membuat SWF Player sendiri sesuai dengan keinginan anda dan amat sangat mudah. Caranya ?????? He…he…he … caranya ada di sini.


9.     Selamat mencoba……sukses ya……

0 comments:

Posting Komentar