Sabtu, 04 Desember 2010

Cara mudah buat teka-teki silang (TTS)

    Mungkin beberapa dari anda sudah sering mengisi teka-teki silang (TTS) di waktu-waktu luang, namun pernahkah anda bayangkan bagaimana cara membuatnya ?

    Nah pada postingan kali ini aku mau berbagi tips tentang bagaimana cara mudah membuat TTS bagi siapa saja yang ingin mencoba , tidak menutup kemungkinan bagi guru-guru sekolah yang ingin mencoba sesuatu yang beda dalam memberikan soal-soal ke murid-muridnya kalau mungkin selama ini hanya berupa Pilihan Ganda, Isian dan Uraian nah sekarang coba pakai TTS pasti beda deh ……………………. (masalahnya aku udah coba …he ..he).

    Program yang bisa digunakan untuk membuat TTS sebenarnya cukup banyak, namun aku sendiri lebih memilih menggunakan Crossword Forge karena penggunaannya mudah, paraktis dan pastinya tidak memberatkan kinerja PC/Laptop.

    Baiklah, berikut ini adalah langkah-langkah membuat TTS menggunakan Crossword Forge :
1.    Buka program Crossword Forge. Tampilannya seperti di bawah ini :

2.    Tahap-tahan yang perlu diikuti dalam membuat sebuah TTS adalah Title (Memberi judul TTS), Clues (Pertanyaan beserta jawaban), Backdrop (Latar belakang TTS), Puzzle (Dapat berupa TTS atau cari kata) dan Advanced (Mengatur ukuran TTS dan pengaturan bahasa).

Berikut ini adalah gambar Tab dari tahap-tahap tersebut yang akan kita ikuti.
3.     Tahap pertama (Title)
Pada tahap ini kita  memasukkan Judul TTS. Masukkan judul TTS pada kolom Primary dan pembuat, tanggal atau Nama Sekolah  di kolom Secondary. Lihat contoh di bawah ini :






4.    Tahap kedua (Clues)
Pada tahap ini silahkan masukkan pertanyaan dan jawaban. Masukkan pertanyaan di kolom Clue dan jawaban di kolom Answer.







5.    Tahap ketiga (Backdrop)
Dalam tahap ini anda papat mengatur latar belakang yang kita inginkan. Pada tab ini ada 3 pilihan yang dapat kita pilih. Pilihan pertama No Backdrop (Tampilan TTS biasa), Solid Backdrop (Background warna) dan Picture Backdrop (Anda dapat memilih gambar latar yang anda inginkan).







6.    Tahap keempat (Puzze)
Di tahap ini ada dua pilihan yang dapat anda pilih yaitu Crossword (TTS) atau Word Search (Cari kata). Bagi anda yang hanya ingin membuat TTS lewati saja tahap ini dan jangan ubah setingan apapun di tab ini.



7.    Tahap terakhir (Advanced)
Di tahap ini anda dapat mengubah ukuran kotak TTS atau ukuran Puzzle-nya dan bahasa yang digunakan dengan bahasa Indonesia dengan cara klik Language ---> Customize.


8.    Pada kotak dialog yang muncul silahkan klik tombol + untuk menambah bahasa Indonesia. Ubah Across : Mendatar dan Down : Menurun. Untuk lebih lelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini :




9.    Nah dengan mengenal tahap-tahap dari pembuatan TTS ini, aku yakin anda pasti langsung dapat membuat TTS denganb mudah dan sesuai keinginan anda.

10.    Ok selamat mencoba. Sukses ya

Bagi anda yang ingin mencoba program Crossword Forge, silahkan download di sini.

2 komentar:

  1. matur suwun kang informasinya semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. cara memasukannya hasil export web ke blog cara gmn ya mas?

    BalasHapus