Sabtu, 11 Desember 2010

Buka Animasi Flash (swf) di VB 6

Untuk membuka file SWF di Visual Basic 6 sangat mudah karena hanya dengan 1 baris kode, animasinya sudah langsung tampil . Berikut ini adalah langkah-langkahnya :
1. Buka VB 6 dan pilih Satandart.EXE
2. Tambahkan Komponen Shockwave Flash ke dalam ToolBox dan masukkan ke dalam Form1. Masukkan lagi 3 buah CommandButton dan ubah captionnya menjadi Animasi 1, Animasi 2, dan Animasi 3







3. Masukkan file Flash (swf) yang ingin kita tampilkan di folder yang sama dengan program ini. 



File swf yang aku gunakan disini adalah file selamat datang yang aku buat di PowerPoint 2010 dan kemudian aku ubah ke swf (anda bisa lihat caranya di sini).

4. Dalam contoh kali ini karena hanya 1 file swf yang aku gunakan maka kode yang aku gunakan untuk tombol Animasi 1 adalah :



Private Sub Command1_Click()


ShockwaveFlash1.Movie = App.Path & "\Selamat Datang.swf"


End Sub


5. Berikut ini adalah tampilannya



6. Berdasarkan contoh sederhana di atas, anda dapat lebih mengeksplorasi lagi mungkin dengan menampilkan beberapa file presentasi dengan tombol-tombolnya atau kumpulan dari beberapa game Flash yang berekstensi (swf).


7. Cara di atas ini sebenarnya mempunyai prinsip yang sama dengan swf player yang pernah aku bahas beberapa waktu lalu tentang cara membuat swf player.

8. Ok baiklah kira-kira itu sedikit tips sederhana yang dapat aku bagikan buat siapa saja yang mampir di blog ini dan tertarik untuk mencobanya.

9. Anda dapat memberikan kritik atau saran yang bersifat membangun di kolom komentar di bawah ini.

9 komentar:

  1. kok ngga running ya kak??
    mohon d bantu
    Thanks

    BalasHapus
  2. Selamat Datang.swf diganti sama aplikasi swf yang kamu punya

    BalasHapus
  3. Buat anonim 1, seandainya masih belum bisa running programmnya mungkin belum terinstal flash player di PC atau Laptopnya. Trims.

    BalasHapus
  4. itu swfnya cm diliat(view) saja ato bisa dimainkan(click)? ty b4 ,sangat tertarik saya dng artikelnya

    BalasHapus
  5. mohon bantuan guru... kl kami punya banyak file swf dan hendak dibikin list seperti di list box or combobox trus tekan command button play gitu gimana kodenya yagh.... siap barter dengan pulsa 25K :D mohon ke email kami :)

    BalasHapus
  6. Buat Steven Michael, file swf bisa dimainkan dan diklik kalau yang diconvert dari powerpoint menggunakan iSpring sedangkan kalau mau membuat controlnya seperti play, pause, next, dll dapat dilihat pada postingan saya tentang membuat SWF Player. Terima kasih buat kunjungannya ya

    BalasHapus
  7. Buat dyra cell, kalau boleh silahkan kirim emailnya ya supaya saya kirimkan source code & cara membuatnya. Terima kasih buat kunjungannya ya

    BalasHapus
  8. Kalo engga bisa di save Shockwavenya itu solusinya gimana ?

    BalasHapus
  9. ANGKA JITU DAN AKURAT HASIL RITUAL YANG BISA ANDA MENANGKAN HARI INI HUB NO =082=348=154=218 AKI KALI JAGA DENGAN KEMANPUAN SUPRANATURAL YANG DIMILIKINYA BISA MENEMBUS ALAM GHOIB DAN AKAN MEMBERIKAN KEMENANGAN ANDA HARI INI KARNA BELIAU AKAN SELALU MEMBANTU ANDA DENGAN ANGKA RITUALNYA YANG DI JAMIN 100% TEMBUS DAN MEMANTAU ANDA SELAMA PEMASANGAN ANGKA (SGP/HKG/MALAYSIA/ )SAMPAI AKHIR PUTARAN ANGKA TOGEL SELESAI DI PUTAR,
    Anda cukup mendaftar dengan biaya 100 ribu
    Contoh format nama dan kirim pulsa 500=000 RP ribu ke nomor =082=348=154=218 sebagai biaya ritual untuk di belikan peralatan sesajen seperti :
    KEMBANG,KEMENYANG,PISANG DAN TELUR AYAM KAMPUNG. Setelah biaya di kirim maka AKI KALI JAGA akan membantu anda dengan ritual ghoib. Biaya yang anda keluarkan tidak sebanding dengan angka hasil ritual yang di berikan kepada anda semua.tapi ingat setelah tembus sisihkan sedikit buat yang memerlukan biar berkah. DAPATKAN SEKARANG JUGA ANGKA TEMBUS AKI KALI JAGA Call / Sms =082=348=154=218
    .GHOIB: singapur 2D/3D/4D/
    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
    angka GHOIB; malaysia 4D/6D/8D/
    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
    angka GHOIB; laos 4D/6D/8D
    angka GHOIB; thailan
    angka GHOIB; macau
    angka ghoib; sidney
    Angka Giab = Damacai
    Angka Gaib =Magnum

    BalasHapus