Minggu, 26 Agustus 2018

Cara Kecilkan Ukuran File Foto Tanpa Mengurangi Resolusinya

Jika beberapa waktu yang lalu sudah saya share bagaimana caranya mengecilkan ukuran foto dengan cara mengurangi resolusinya dan kualitasnya tetap di sini, maka kali ini adalah kebalikannya yaitu resolusinya tetap namun kualitasnya yang dikurangi. Berikut ini tampilan dari software GRATIS yang saya gunakan:


Untuk cara penggunaannya sangat mudah sekali, silahkan perhatikan gambar di bawah ini :


  1. Klik icon folder di bagian atas untuk mengambil foto yang akan dikurang ukurannya.
  2. Atur kualitasnya ke 50% (Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, semakin kecil semakin jelek)
  3. Atur lagi Output Foldernya (Tempat penyimpanan file Foto yang dikecilkan ukurannya)
  4. Klik tombol Compress! untuk memulai proses kompresnya.
  5. Tunggu sampai selesai dan taraaaaa ... ukuran filenya pasti akan jauh berkurang 
Berikut ini contoh yang saya coba, ini ukuran foto awalnya :


Dari gambar di atas dapat kita lihat ukuran file fotonya 4,46 MB. Berikut ini ukuran file fotonya setelah saya compress :


Hanya 879 KB Sangat kecil bukan ??? Oh iya sebenarnya kalau diperhatikan tidak akan terlalu nampak perbedaan kualitasnya tetapi cara ini saya tidak sarankan digunakan di file foto yang akan digunakan dalam desain grafis karena resolusi akan sangat berpengaruh ketika gambar akan diperbesar dalam desain nantinya.

Bagi yang mau coba software ini silahkan download dengan mengklik link di bawah ini :


Bagi yang belum tau cara downloadnya, silahkan klik di sini.


0 comments:

Posting Komentar