Jumat, 24 Agustus 2018

Cara Ekstrim Kecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video

Punya banyak koleksi Video tentu sangat menyenangkan apalagi video - video tersebut sangat kita butuhkan baik video keluarga, video musik, video tutorial dan lain-lain. Tetapi satu hal yang sering menjadi masalah adalah semakin banyak koleksi video kita maka semakin penuh ruang penyimpanan kita. Kadang mau kita hapus yang lain tetapi semuanya juga penting.

Nah di postingan kali ini saya akan berbagi tips bagaimana caranya mengecilkan ukuran video Anda tanpa mengurangi kualitas Videonya. Oh iya postingan ini saya katakan ekstrim karena ukuran video yang dikecilkan memang sangat jauh dengan ukuran video aslinya.



Baiklah sebelum kita mulai dengan caranya berikut ini ukuran asli video yang saya gunakan sebagai contoh kali ini  yaitu 180 MB:


Berikut ini cara mengecilkannya :
  1. Buka software Handbrake dan klik File Oa single video file untuk buka file video yang mau dikecilkan ukurannya atau bisa juga Anda drag n drop ke dalam kotak yang saya tandai dengan garis warna merah untuk memasukkan videonya.



  2. Setelah itu beri tanda centang pada Web Optimized dan klik tombol Browse untuk menentukan lokasi penyimpanan video yang sudah dikecilkan.


  3. Silahkan beri nama file video Anda dan kilk tombol Save


  4. Langkah berikutnya klik start untuk memulai proses nya


  5. Proses pengecilan ukuran/ convert akan berjalan


  6. Setelah prosesnya selesai, sekarang kita lihat ukuran video yang sudah dikecilkan

  7. Tarrrrraaaaa ... nah disini dapat kita lihat bahwa video yang aslinya berukuran 180 MB sekarang hanya 25,6 MB . Wooooow .... Bagaimana Anda tertarik untuk mencoba cara ini dengan Software Handbrake ??? Monggo , silahkan ikuti cara - caranya seperti di atas. sebenarnya masih banyak settingan lain yang dapat Anda coba - coba sendiri hingga dapat settingan dan kualitas Video yang anda inginkan.
    Yang terakhir bagi Anda yang mau mendownload Software Handbrake silahkan klik pada link download di bawah ini dan sesuaikandengan sistem operasi yang Anda gunakan :
    HANDBRAKE WINDOWS
    HANDBRAKE MAC OS

    Sedangkan untuk Linux Ubuntu Anda dapat melihat cara installnya di sini


0 comments:

Posting Komentar